Tips Ampuh Promosi Bisnis Online dengan Media Sosial

Sekarang rasanya hampir semua kalangan lintas usia mempunyai akun media social. E   ntah itu Facebook, Twitter, Instagram, maupun yang lainnya. Banyaknya orang yang menggunakan media sosial saat ini membuat media sosial memiliki peran yang sangat diandalkan dalam mempromosikan sebuah bisnis online. Berikut tips promosi bisnis online dengan media sosial yang perlu kamu ketahui.

Strategi Promosi Melalui Media Sosial yang Tepat

Tak bisa di pungkiri kalau bisnis online semakin berkembang. Banyak pengusaha yang beralih untuk menjalankan bisnis secara online daripada offline karena dianggap lebih menjanjikan. Apalagi, saat ini semuanya bisa dijual secara online, termasuk bahan pokok makanan seperti buah dan sayuran.

Berbicara soal bisnis online yang kian menjamur, sebagai calon pebisnis online bisa memanfaatkan semua media sosial untuk memasarkan produk andalanmu. Sebab, hampir semua orang kini punya akun media sosial sehingga lebih mudah bagi Anda untuk mengenalkan sebuah produk, minimal dalam lingkaran pertemanan yang ada.

Untuk para pebisnis kecil dan menengah yang masih pemula, simak beberapa strategi promosi bisnis online dengan media sosial berikut ini.

  1. Ketahui target konsumen

Pertama-tama, ketahui dulu target pasar yang ingin dibidik, apakah orang dewasa, anak muda, perempuan atau ibu-ibu. Supaya lebih mudah, sesuaikan dengan produk yang dijual.

Anda juga bisa membuat group chat di media sosial seperti Whatsapp, Facebook, dan lain sebagainya. Namai grup chat tersebut dengan tema khusus. Biasanya, grup dengan nama khusus tersebut akan lebih mudah diterima masyarakat karena sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • Buat status yang menarik

Ini adalah cara yang paling mudah dan praktis dalam mempromosikan produk Anda. Caranya hanya dengan membuat pengingat promo menggunakan status yang diinginkan. Ingat, status yang dibuat harus semenarik mungkin supaya banyak orang yang like dan share status yang Anda buat. Semakin banyak orang yang share status tersebut, semakin banyak pula orang yang akan mengenal bisnis online yang kamu jalankan.

  • Gunakan hashtag

Dalam setiap postingan di media sosial, jangan lupa untuk menyertakan hashtag. Hashtag sangat berguna untuk membuat orang mudah mencari produk yang diinginkan di media sosial.

  • Berikan respon yang cepat

Sebagai seorang penjual, Anda harus bertindak responsif. Jika ada calon konsumen yang bertanya mengenai produk, usahakan untuk memberikan respon yang cepat. Sebab, calon konsumen yang tidak sabar bisa saja memilih online shop lain.

Maka dari itu, pastikan Anda selalu meng-update media sosial agar tidak kehilangan banyak pelanggan.

  • Update foto profil

Supaya lebih meyakinkan konsumen, update foto profil di media sosial secara berkala. Misalnya dua minggu sekali. Gunakan foto produk yang berkualitas baik supaya orang tertarik dengan produk yang dijajakan.

  • Bangun komunikasi yang baik

Cobalah bangun komunikasi yang baik dengan pelanggan. Caranya bisa dimulai dengan menanyakan apakah produk yang dibeli sudah sampai atau belum. Jika nyatanya sudah sampai, mintalah testimoni mereka.

Itulah beberapa tips promosi bisnis online dengan media sosial.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *